Cara Merawat Mesin Fotocopy

Mesin fotocopy di kantor Anda adalah alat yang cukup penting dalam membantu menyelesaikan tugas-tugas adaministrasi setiap harinya. Mesin ini bekerja untuk mencetak dan menyalin berbagai dokumen penting dan bahkan dapat memindai dokumen untuk dilakukan editing komputer. Agar dapat selalu bekerja dengan optimal sesuai dengan fungsinya, tentu saja mesin ini akan membutuhkan perawatan yang baik dan tepat.

Cara Merawat Mesin Fotocopy Dengan Mudah

Selain mempertahankan kinerjanya, tindakan perawatan juga akan memperpanjang umurnya. Berbeda ceritanya jika mesin fotocopy anda dilengkapi dengan garansi service. Jika ada tekhnisi langganan yang mengatasi, Anda hanya akan perlu mengawasinya. Namun untuk beberpa kantor kecil dimana beberapa orang masih memegang dua atau tiga pekerjaan sekaligus, ini adalah beberapa petunjuk praktis dalam cara merawat mesin fotocopy yang bisa anda lakukan sendiri.

Cara Merawat Mesin Fotocopy

  1. Bersihkan bagian dalam dan juga bagian luar dari mesin setidaknya satu minggu sekali. Gunakan kain ( majun ) pembersih untuk menghilangkan kotoran debu dan noda-noda dibagian luar. Buka semua pintu mesin untuk mulai membersihkan bagian dalam. Kemudian gunakan kain pembersih atau lap kain yang yang lebih lembut dan bersih untuk bagian dalam. Lakukan pelan-pelan. Gunakan juga semprotan ( hand blower ) untuk membersihkan celah-celah kecil.
  2. Periksa sparepart dan consumable dua minggu sekali. Mesin fotocopy menggunakan toner untuk mencetak salinan yang dibuat. Jika toner habis, salinan akan tercetak dengan garis-garis atau mungkin bahkan tidak tercetak. Dengan kondisi toner di batas minimal, akan memberikan tekanan tambahan pada mesin sehingga akan memperpendek umur mesin jika terjadi secara berulang-ulang.
  3. Jika terjadi kemacetan pada saat melakukan kegiatan menyalin, baca petunjuk yang muncul di layar mesin. Jangan melakukan hal-hal seperti mencabut paksa kertas yang tersangkut, memukul-mukul bagian dimana kertas tersangkut, atau bahkan terus menjalankan mesin fotocopy dan menambahkan kertas dengan harapan kertas yang tersangkut akan terdorong. Pada umumnya masalah seperti ini tidak akan terjadi jika mesin dalam kondisi selalu bersih dan toner tercukupi.

Semoga tips cara merawat mesin fotocopy ini bermanfaat untuk anda

Related News